Apakah Franchise Adalah Bisnis Yang Menguntungkan?

Jika bisnisnya sukses, potensi omzet yang bisa kamu dapatkan mencapai puluhan juta. Bisnis ini berpeluang besar untuk sukses mengingat banyaknya peminat makanan yang satu ini. Bagi yang memiliki modal besar, membeli suatu waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah masalah, tetapi tidak demikian halnya dengan calon pengusaha yang memiliki modal terbatas. Namun saat ini telah banyak bermunculan usaha waralaba lokal yang membutuhkan modal yang lebih kecil, bahkan ada yang tidak sampai Rp 10 juta. Untuk itu, pemengang bisnis franchise dan karyawan akan mendapatkan pelatihan dan dapat mengandalkan dukungan dari pemilik bisnis franchise. Termasuk aspek operasional, teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Bisnis Franchise

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor bisnis waralaba. Memang benar, untuk jenis bisnis waralaba modal yang dibutuhkan mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah. Sistem franchise memang dibutuhkan untuk memiliki standar kualitas produk dan layanan yang sama di setiap gerai, meskipun dikelola oleh franchise yang berbeda. Untuk dapat terus berkembang dan memperluas jangkauan bisnis, pemilik usaha harus terus melakukan inovasi pada produk dan layanan yang sesuai dengan tren yang ada dan kebutuhan konsumen. Model bisnis Alfamart adalah menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan memiliki konsep sebagai Community Store.

Karena saat itu masih pedagang kaki lima sehingga meski jualan belum habis namun jam sudah menunjukkan pukul dua siang dia harus menutup dagangan. Di tahun 1998, Es Teler 77 mulai memberanikan diri go Internasional dengan mendirikan cabang pertamanya di Singapura. Es Teler 77 telah membuka 180 gerai di Indonesia, three di Singapura, 2 di Australia dan 1 Johor Malaysia. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Ada yang menargetkan pembeli menengah ke bawah, dan ada pula yang menyasar konsumen menengah ke atas untuk booth atau outlet yang berlokasi di pusat perbelanjaan. Investment fee yang dibayarkan digunakan untuk stok bahan baku awal, lisensi penggunaan model dan investasi peralatan dapur serta fasilitas penunjang lainnya. Franchise atau yang biasa disebut dengan waralaba merupakan metode berbisnis dengan cara mendapatkan hak atas merek dagang, bahan baku, dan juga produk yang ditawarkan dari bisnis yang sudah ada. Ketentuan dalam prosedur memasarkan produk dan juga hal lainya terdapat pada perjanjian yang telah disepakati dengan pemilik bisnis tersebut. Jadi, salah satu hal yang harus diperhatikan dalam bisnis franchise adalah perjanjian tertulis antara pemberi dan penerima franchise, seperti royalti charge, pengiriman bahan baku, pegawai, dan hal teknis lainya. Di awal membeli franchise, mungkin saja terdapat perjanjian dimana franchisee harus menjalankan bisnis franchise sesuai standar dan ketentuan yang ditetapkan oleh franchisor .

Namun, menjalankan bisnis franchise tetap tidak semudah seperti yang dibayangkan. Keuntungan yang diperoleh diatur berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis franchise atau waralaba. Bisnis yang satu ini memang cukup menjanjikan dan lebih mudah dibandingkan harus membuat konsep dan membangun bisnis sendiri. Bisnis franchise terkesan lebih praktis dan memiliki risiko yang cukup minim.

Sebab, jika sudah tagguh dan kuat, hail ini akan lebih mempermudah mengundang calon terwaralaba untuk memberi hak waralaba mereknya. Usaha franchise atau waralaba secara umum didefinisikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk, jasa ataupun layanan. Dalam usaha ini terdapatfranchisor,Franchisee ,franchise feedanroyalty fee.Franchise feeadalah biaya awal di muka sebelum waralaba mulai beroperasi.

Umumnya, biaya-biaya tersebut meliputi biaya royalti, biaya pengadaan peralatan pendukung usaha, pengadaan bahan baku, dan lain-lain. akan mendapatkan merek dagang, dukungan dagang, serta penggunaan hak dari sistem franchise untuk melakukan layanan bisnis menjual produk atau jasa. Bisnis dengan sistem franchise saat ini sedang menjadi tren karena dianggap lebih mudah dalam hal pemasarannya. Menjual produk franchise atau waralaba yang sudah dikenal oleh masyarakat tentunya lebih mudah laku sehingga tidak membutuhkan promosi yang terlalu banyak.

Download aplikasi atau kunjungi website K24Klik.com untuk live chat atau SMS ke nomor berikut. Kedekatan outlet akan menghemat waktu yang sangat di perlukan untuk mengurangi penderitaan pasien. Menolong masyarakat untuk tetap sehat adalah usaha yang kami terus lakukan.