Enam Kunci Agar Sukses Berbisnis On-line

Sangatlah penting bagi seorang mitra bisnis untuk memiliki komitmen ketika menjalin kerja sama dengan mitra lainnya. Maka dari itu, sebelum kita melakukan kerja sama dengan mitra bisnis, tanyakanlah seberapa serius komitmen mereka untuk menjalankan bisnis bersama-sama. Komitmen dari masing-masing pihak akan membangun kepercayaan dalam berbisnis. Jangan menganggap bahwa perjalanan bisnismu akan selalu mulus. Konflik sangat mungkin terjadi, itu sebabnya walau berbisnis bareng teman harus tetap profesional. Perjanjian ini dapat berisi pembagian keuntungan, jabatan, hingga cara penyelesaian konflik bila sewaktu-waktu terjadi.

Dari ‘modal’ yang diberikan tersebut, Anda akan mendapatkan satu set alat penjualan, bahan baku hingga pelatihan yang mumpuni. Yang penting, temukan rekan yang sesuai dan dapat membawa pengaruh positif pada bisnis Anda. Inilah 12 ide bisnis tanpa modal yang bisa dikerjakan di rumah. RumahCom – Lanskap ekonomi dan bisnis saat ini bergerak ke arah digitalisasi, sehingga membuat pebisnis ditantang untuk menjalankan bisnis dengan lebih cepat, efisien, dan terukur dengan bantuan teknologi. Kehadiran teknologi yang semakin canggih membuka peluang besar bagi Anda yang ingin menjadi wirausaha tanpa modal besar.

Berbisnis dengan parter

Misalnya bisnis Anda adalah ekspor impor, Anda sendiri andal dalam administrasi dan proses. Rekan kerja Anda bisa jadi adalah orang yang andal dalam teknologi untuk mengembangkan bisnis. Kepercayaan memang menjadi pertimbangan paling utama untuk mencari seorang partner bisnis.

Justru berbisnis secara on-line menjadi cara yang sangat tepat untuk dijalankan, karena masa pandemi memberikan perubahan pola konsumtif bagi konsumen saat ini. Bukalapak bergerak memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah sejak awal didirikannya pada tahun 2011 silam. Sebagai tempat jual beli online buatan orang Indonesia, Bukalapak bergerak demi memajukan taraf hidup mereka para pegiat wirausaha di Indonesia.

Untuk bisa memangkas biaya pengeluaran guna kebutuhan bisnis, Anda harus mampu untuk mendata setiap pengeluaran yang dibayarkan dari uang kas bisnis Anda. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun harus masuk akal dan tidak berlebihan. Anda harus mampu untuk mengelola setiap aktivitas yang membutuhkan biaya guna keperluan bisnis Anda. Jangan sampai terjadi penyelewengan dana yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Salah seorang pernah curhat kepada saya tentang rekan bisnisnya. Dia merasa kecewa karena rekan bisnisnya yang semula berjanji akan berjuang bersama, di tengah jalan menjadi pasif.

Butuh langkah yang hati hati untuk menghindari cekcok di kemudian hari. Selain keterampilan, kamu juga harus memilih rekan bisnis yang berpengalaman di bidangnya. Pengalaman yang cukup dari seorang rekan bisnis mampu mengatasi setiap permasalahan yang mungkin terjadi pada saat bisnis berjalan. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan dalam mengembangkan bisnis. Karakter dan kepribadian juga menjadi hal penting dalam memilih rekan bisnis. Jangan sampai memilih rekan bisnis yang karakter dan kepribadiannya bertolak belakang denganmu untuk menghindari terjadinya konflik dalam berbisnis.

Bila terjadi penurunan penjualan maka dicari tahu di mana kira-kira letak kesalahannya dan langkah apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki penjualan tersebut. Dengan melakukan evaluasi ini maka dapat diketahui jumlah modal dan pendapatan usaha, jumlah hutang-piutang dengan pihak lain, pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya, dan apakah terdapat permasalahan keuangan. Kelancaran bisnis harus ditunjang dengan adanya persediaan bahan baku. Pengelolaan persediaan barang ini guna menjaga agar persediaan barang tidak sampai kehabisan sehingga mengecewakan konsumen, dan juga menjaga agar persediaan tidak berlebihan. Jika Anda sudah menentukan bisnisnya, Anda harus menentukan Produk utama Anda, produk tambahan atau mungkin jasa tambahan yang dapat juga Anda tawarkan.

Menjalankan bisnis berarti memiliki kekuasaan dari bisnis itu secara penuh. Hal tersebut sama saja dengan berbagi kekuasaan dalam mengelola bisnis. Maka, dalam memutuskan memiliki companion bisnis, seorang pebisnis harus melakukan diskusi mengenai pembagian wewenang dalam bisnis tersebut. Hal-hal yang perlu didiskusikan dapat berupa pembagian tanggung jawan di setiap aspek bisnis, pengelolaan keuangan, serta pembagian keuntungan.

Berbisnis memang membutuhkan partner, karena kamu tidak akan mampu berbisnis sendirian. Menjadi pebisnis harus menjalani serentetan masalah dan perjuangan loh. Banyak pebisnis sukses saat awal memulai bisnis, mereka harus menghadapi tantangan yang cukup berat. Seperti kehabisan modal, banyak hutang, kena tipu companion bisnis, hingga mengalami kebangkrutan. Ilustrasi membuat sesuatu bersama atau berkolaborasi (Pexels/Kaboompics)Beragam bisnis memiliki perbedaan produk yang dijual, namun tidak jarang juga yang memiliki kesamaan. Ajukan ide kepada teman yang memiliki jenis bisnis yang sama, supaya bisa berkolaborasi untuk membuat sesuatu yang kreatif.

Poin nomer satu ini merupakan poin yang amat penting ketika anda akhirnya memutuskan untuk melakukan bisnis bersama teman. Segala sesuatu memang mengasyikkan ketika dilakukan bersama teman bahkan termasuk usaha dan bisnis bareng atau joinan. Kalau bisnis yang kami jalani bangkrut apakah hubungan suami istri kami akan cerai? Karena keputusan menikah kan di awal tentu sampai maut memisahkan. Saya dan istri sudah saling memahami kesukaan dan ke-tidak-sukaan masing masing. ooo ini jangan tanya, mungkin kami lebih sering brantem daripada pasangan lain.