Kegagalan Wirausahawan

Tentunya, pihak pemerintah dan berwajib sudah melakukan langkah dengan melakukan penyisiran di sejumlah tempat agar tidak ada lagi praktek monopoli seperti di atas. Dengan begitu, kebutuhan masyarakat akan masker, hand sanitizer, rempah-rempah dan barang-barang lainnya tetap tercukupi selama mengarungi masa social distancing saat ini. Selain itu, masker menjadi barang yang wajib dikenakan oleh tenaga kerja medis yang sedang merawat pasien yang sedang terkena virus Corona menurut WHO. Tingginya permintaan masker membuat sejumlah orang untuk menimbun masker dan menjualnya dengan berkali-kali lipat.

Perusahan dapat memanfaatkan sumber daya atau resource yang ada untuk menjual barang/jasa yang dibutuhkan konsumen saat ini. Seorang wirausaha harus taat pada jadwal yang telah ditentukan. Selain itu, produk yang akan dieksekusi sudah terbukti dibutuhkan dan orang yang menjadi sasaran produknya dapat menggunakan. Seorang pengusaha pemula harus memperhatikan siklus penjualan produknya, apakah tahan lama atau tidak. Enterpreneur juga harus memperhatikan lamanya suatu produk di pasaran dengan terus berinovasi mengeluarkan produk-produk baru. Untuk itu, seorang enterpreneur harus menentukan siapa yang menjadi prioritas atas produk yang dijual.

Selain perizinan, regulasi lain yang kerap diabaikan oleh pelaku UMKM adalah soal pembayaran pajak. Dari sekitar 60 juta pelaku UMKM di Indonesia, hanya 2,5% saja atau sekitar 1,5 juta pelaku UMKM yang melaporkan pajaknya. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua pelaku UMKM paham akan cara menghitung pajak yang menjadi kewajiban mereka. Efek terburuk yang bisa menimpa pelaku UMKM adalah usaha mereka bisa mengalami gulung tikar karena modal yang ada habis dipakai untuk membayar sanksi pajak yang telat dibayarkan.

Bahkan, Susi juga memiliki bisnis maskapai penerbangan yang diberi nama Susi Air. Bob Sadino memang dikenal sebagai salah satu pengusaha yang sukses membangun bisnisnya dari nol. Meski beliau sudah meninggalkan dunia sejak 2015 silam, tapi sosoknya masih terus menjadi inspirasi para pengusaha. Faktanya, emblem yang mudah diingat dapat membangun identitas bisnis online-mu. Jika orang-orang suka dengan emblem bisnismu, maka mereka akan mengingatnya dan ketika mereka melihat brand tersebut, yang muncul dipikiran mereka adalah toko online-mu. Makanya, akan sangat penting untuk memiliki emblem yang mudah diingat oleh konsumen maupun calon konsumen.

Mengapa Bisnis sulit untuk berhasil

Pertama, salut untuk semangat Mas Dudi yang memiliki cita-cita memulai bisnis sejak dini. Mayoritas mahasiswa memimpikan untuk bekerja di kantor-kantor besar setelah menyelesaikan studinya. Tetapi Mas Dudi berkeinginan untuk berbisnis, saya sungguh salut dengan semangat Anda. Internet memudahkan setiap orang untuk membuat bisnis, bahkan dengan sedikit pengetahuan dapat memulai bisnis ini. Tapi karena banyaknya orang yang bisa memulai bisnis ini, tentu dapat menjadikan banyaknya terdapat kompetisi.

Anda mungkin bisa memberikan harga rendah namun sebaiknya tidak terlalu rendah. Dibutuhkan sejumlah besar perencanaan dan strategi untuk dapat menjual produk dengan harga terendah dan masih menghasilkan keuntungan. Namun keuntungan yang didapatkan bisa saja sangat tipis dan tentu saja ini merupakan pendekatan yang berbahaya.