Pengertian Bisnis Waralaba, Jenis Dan Contoh Usaha Bisnisnya

Untuk membeli franchise Khun Thai Tea, Anda perlu merogoh kocek minimal Rp15 juta. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis franchise, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan biaya yang dikeluarkan jika menggunakan merek dagang yang terlalu terkenal karena biasanya mereka mematok biaya yang lumayan tinggi. sudah cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk sebuah franchise dimulai dari Rp5 juta.

Meskipun kamu menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya yang sama besarnya, berbisnis waralaba tidak sama dengan berwirausaha. Selanjutnya, ia mengatakan bahwa pola pikir harus memiliki tempat terlebih dahulu sebelum membuat usaha adalah hal yang salah. Djoko menilai model bisnis dan passion justru adalah hal yang utama untuk memulai usaha. Buktinya, saat ini banyak rumah toko yang menganggur dan tidak dikaryakan. Saya juga sudah punya bisnis waralaba sendiri, di bidang agensi journey.

Bisnis Franchise

Anda bahkan akan sangat leluasa untuk memilihnya, baik itu yang berskala kecil ataupun franchise yang sudah dalam skala yang cukup besar. Metode royalty terbilang beragam, namun pada umumnya berupa persentase terhadap setiap penghasilan yang diterima franchisee, dengan mengecualikan unsur pajak, bila ada. Ada yang menetapkan flat, besar kecilnya jumlah omset yang diraih franchisee, maka persentasenya tetap . Namun, ada juga yang melakukan penetapan persentase progresif sesuai dengan nilai penjualan franchisee dengan batasan minimal omset tentunya. Gerai waralaba Lion Express pertama dibuka pada akhir Juli 2016 di Rempoa, Jakarta Selatan.

Mengelola franchise dengan tepat dapat membuat Anda terhindar dari risiko bisnis yang merugikan. Franchisee diharuskan untuk membayar sejumlah royalti dari keuntungan yang didapatkan. Bila untungnya sedikit, bisa jadi keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya ini. Usaha ini sudah terkenal di masyarakat, sehingga untungnya pun berpeluang lebih besar.

Dalam menjalankan bisnis franchise, terdapat ketentuan dan aturan yang harus dijalankan oleh pemilik waralaba dan penerima waralaba. Adapun hal paling penting dalam aktivitas bisnis waralaba merupakan kerja sama yang berkaitan dengan aspek hukum. Dalam perjanjian tentunya pelaku franchise menggunakan lisensi dan nama dagang pemilik franchise dan berdagang dengan penggunaan lisensi tersebut. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan bisnis sistem franchise atau waralaba? Model bisnis ini memang cocok bagi kamu yang baru ingin memulai di dunia usaha atau wirausaha.